Rabu, 04 Desember 2013

Analisis SWOT Manajemen Strategi



Perusahaan Dagang Gipang
        
Profil Perusahaan
Bidang Usaha:
Produksi, Pemasaran, dan Distribusi makanan khas Banten gipang.
Pemilik:
Herutomo
Alamat:
Jl. KH. Abdullatif 31
Jenis Perusahaan:
Home Industri Makanan Ringan

Visi
Menjadi dan diakui sebagai makanan khas Banten yang terbaik dan dikenal wisatawan domestik dan mancanegara .

Misi
  1. Mampu bersaing dengan produk-produk makanan khas daerah lain.
  2. Pemasaran produknya sampai ke mancanegara.

Penilaian Internal terhadap SWOT
Weaknees (kelemahan) :

1.      Bahan baku berkualitas yang sulit didapat.
Untuk mendapatkan hasil gipang yang berkualitas, bahan baku yang digunakanpun harus berkualitas. Namun cukup sulit untuk mendapatkammya karna bahan bakunya terbatas.

2.      Kekurangan tenaga pekerja yang berpengalaman.
Dijaman modern ini, lebih banyak remaja yang enggan mempelajari cara pembuatan makanan khas yang ada sejak dulu. Sehingga untuk menemukan pegawai yang berpengalaman cukup sulit.

3.      Modal yang sedikit.
Peminjaman modal untuk usaha kecil seperti ini, susah didapat dalam jumlah besar. Karna prospek kedepan yang belum terjamin pendapatan labanya.

4.      Tidak adanya alat promosi yang memadai.
Alat promosi seperti website dan internet belum di pelajari kalangan bawah, yang cendrung memegang peran penting dalam perusahaan kecil ini.

5.      Manajemen yang belum teratur.
Biasaanya dalam perusahaan kecil seperti ini, belum terbagi sub bagian pegawai. Terutama dalam bagian manajemen keuangan yang tersusun.

6.      Tehknologi yang masih tradisional.
Proses pembuatan gipang harus dilakukan dengan cara tradisional, karna belum ada alat atau mesin yang bisa memproduksi gipang dengan ciri khas aslinya.

Stenght (kekuatan) :
1.      Tenaga yang berpengalaman.
Dengan mempunyai pegawai yang bepengalaman dalam membuat gipang, rasa dari ciri khas makanan kecil ini, dapat terjaga kualitas atau mutunya.

2.      Bahan baku pilihan atau berkualitas.
Dari bahan baku yang berkualitas, dapat menghasilkan gipang yang berkualitas juga dari segi rasa dan mutu.
3.      Produksi yang tepat waktu.
Dengan pemproduksian yang tepat waktu, maka pendistribusian akan lebih cepat sampai ketangan distributor, dan konsumen.
4.      Semangat kerja karyawan yang baik.
Dengan semangat kerja karyawan yang baik, dapat memberikan kenyaman pegawai yang membuat pegawai lebih giat bekerja dan mendorong perusahaan agar cepat maju.
5.      Promosi yang baik.
Promosi yang baik dapat dilakukan dengan cara pengenalan atau memberikan tester kepada konsumen, untuk merasakan langsung sehingga peminat tidak ragu untuk membelinya.

Penilaian Eksternal terhadap SWOT
Weaknees (Kelemahan) :

1.      Produk yang belum masuk ke toko besar (swalayan).
Konsumen yang tinggal di kota besar agak kesulitan menemukan gipang ini, karna pendistribusiannya masih kepada usaha mikro.
2.      Persaingan produk gipang dengan makanan lain.
Makanan snack-snack yang dijual dipasaran sangat banyak dan bervariasi. Sehingga persaingannya sangat kuat. Apalagi dengan mengetahui, gipang hanya dengan satu variasi.
3.      Gipang belum dikenal banyak kawasan.
Promosi gipang yang minim, membuat gipang belum dikenal oleh warga kawasan luar Banten.
4.      Harga produk yang bersaing.
Banyaknya variasi makanan ringan, membuat harga dipasaranpun bersaing.

Strenght (kekuatan) :
1.      Daya beli masyarakat yang meningkat.
Produk yang berkualitas dan rasa yang bermutu dapat meningkatkan daya tarik masyarakat.
2.      Pendistribusian yang merata.
Penyaluran produk yang merata dapat memudahkan masyarakat untuk mendapatkannya.
3.      Pengemasan rapih.
Dengan dikemas yang rapih, dapat mendorong minat pembeli untuk mencoba.
4.      Harga yang sesuai dengan daya beli masyarakat.
Kualitas,  rasa dan permintaan konsumen mampu menentukan harga.

Peluang:
1.      Lokasi yang strategis.
Lokasi dapat menentukan minat masyarakat untuk mendapatkan produk ini dengan mudah.
2.      Usaha mikro yang semakin banyak.
Usaha mikro yang semakin banyak dapat menambah luas pendistribusian gipang.
3.      Pertambahan daya beli.
Dengan lokasi dan penjualan yang lebih meluas, mampu meningkatkan produksi dan penjualan. Sehingga arus kas lebih cepat berkembang dan meningkatkan nama perusahaan.
4.      Sebagai makanan khas.
Umumnya gipang sebagai makanan khas, dapat menjadi oleh oleh wisatawan.
Ancaman:
1.      Adanya pesaing lain.
Tidak menutup kemungkinan untuk berkembangnya perusahaan lain yang juga memproduksi gipang
2.      Harga pendistribusian yang mahal.
Karna pendistribusian ke toko atau swalayan besar mengenakan pajak, sehingga harga jual kekonsumen cendrung menjadi mahal.
3.      Perolehan bahan baku yang sulit didapat.
Tidak semua petani yang berdomisili di Banten dapat memenuhi kebutuhan produksi perusahaan.


Strategi SWOT dilihat dari Peluang
1.      Menambah karyawan bepengalaman.
2.      Meningktkan promosi.
3.      Pendistribusian yang tepat waktu.
4.      Peningkatan produksi produk
5.      Mencari bahan baku berkualitas di daerah lain.
6.      Mencari modal untuk penambahan produksi.
7.      Pendistribusian yang merata atau langsung ke lokasi

Strategi SWOT dilihat dari Ancaman
1.      Harga jual produk sesuai dengan kualitas.
2.      Pendistribusian dengan jumla yang besar sehingga menghemat ongkos kirim.
3.      Bahan baku didapat dariberbagai tempat dengan mengutamakan kualitas.
4.      Membuka situs web untuk promosi dan akses pemesanan online.
5.      Pengemasan yang sederhana namun tetap menarik.
6.      Pembelian bahan baku yang banyak untuk stok produksi selanjutnya.




5 Kekuatan Porter
1.      Persaingan antarperusahaan saingan.
Mengembangkan strategi dalam penjualan, sehingga memperluas kawasan jual. Dapat membuat konsumen lebih mengenal produk yang perusahaan kita jual.
2.      Potensi masuknya pesaing baru.
Pematenan hak cipta, dan mempelajatri teknologi teknologi baru, yang sedang banyak di gunakan. Seperti sosial media yang sedang banyak di gunakan, dapat menjadi sarana pemromosian yang lebih cepat.
3.      Potensi pengembangan produk pengganti.
Makanan khas banten bukan hanya gipang, masih ada gegetas, sate bandeng daan beberapa makanan khas banten lainnya. Sehingga, gipang tidak menjadi pilihan satu-satunya dari Banten.
4.      Daya tawar pemasok.
Pemasok bahan baku tidak menginginkan harga yang rendah dari perusahaan, sehingga kita harus cerdas memilih pemasok yang memberi harga rendah namun kualitas masih diatas rata-rata.
5.      Daya tawar konsumen.
Minat konsumen dapat ditingkatkan dengan penambahan pelayanan dari perusahaan. Contohnya pemesanan, antar barang dengan sistem online.

3 komentar:

  1. How To Play Online Baccarat With Real Money
    Baccarat can be a bit more challenging 메리트카지노 than traditional casino games. 우리카지노 마틴 There is a lot of 바카라사이트 exciting, simple and fun games that will entertain you

    BalasHapus
  2. Harrah's Casino And Hotel - Mapyro
    Harrah's Casino 남원 출장샵 And Hotel is located in Cherokee, North Carolina. The casino is owned 영천 출장마사지 and 동두천 출장마사지 operated 충주 출장샵 by Harrahs Entertainment, a Boyd Gaming 나주 출장마사지

    BalasHapus